PEMBELAJARAN, PENUGASAN, MONITORING & JURNAL KEGIATAN ONLINE

Maret 21, 2020

Dalam masa Isolasi Mandiri (baca : Soft Lockdown) terhitung mulai tanggal 16 s/d 30 Maret 2020 sesuai himbauan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) serta instruksi Presiden Joko Widodo tentang Belajar, Bekerja, dan Beribadah di Rumah, penulis yang merupakan guru di SD Negeri 1 Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, berupaya untuk memenuhi kewajiban yang dimandatkan oleh pemerintah agar memastikan peserta didik tetap melakukan kegiatan belajar di rumah masing-masing.
Adapun upaya yang dilakukan adalah :
  1. Penyusunan perangkat pembelajaran secara online dengan memanfaatkan Program E-Learning Edmodo.
  2. Penyusunan penugasan secara online yang juga menggunakan Edmodo
  3. Bekerja sama dengan orang tua peserta didik dalam memonitoring dan mendokumentasikan kegiatan belajar peserta didik dengan membuat Jurnal Kegiatan Belajar Siswa yang dilaporkan melalui Edmod .
  4. Memonitoring keadaan dan kesehatan siswa beserta keluarganya secara online/ teleconference dengan menggunakan Webex. (Artikel lengkap bisa dibaca DISINI
  5. Penyusunan Jurnal Laporan Kegiatan

Lets, check it out..

1. PEMBELAJARAN
Edmodo digunakan sebagai kelas digital untuk menyediakan bahan ajar yang merupakan pengembangan materi pelajaran yang ada pada buku paket. Upaya yang bisa guru lakukan adalah mencari bahan ajar baik berupa artikel, animasi ataupun video untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik daripada hanya sekedar membaca materi pada buku paket.

Untuk penggunaan Edmodo, penulis sudah menggunakan sejak tahun 2017 dan penulis sudah merasa nyaman selain karena pengunaan yang mudah, interface Edmodo mirip dengan interface Facebook, jadi dirasa lebih familiar di kalangan banyak orang.
 Tampilan Edmodo



2. PENUGASAN
Selain dimanfaatkan untuk menyediakan bahan ajar, Edmodo juga bisa dimanfaatkan untuk pemberian tugas, quiz dan soal online untuk kegiatan sumatif ataupun formatif. Pada kesempatan ini penulis menggunakan Edmodo untuk pemberian tugas, yaitu :
  1. Membuat Poster Digital dengan tema Perayaan Hari Raya Nyepi
  2. Puisi dengan tema Virus Corona 
  3. Menggambar Siklus Air 
  4. Membuat Video
TUGAS MENDESAIN POSTER DIGITAL
Sedari awal tahun ajaran baru, peserta didik kelas VA telah dikenalkan dan dilatih untuk membuat poster digital dengan Poster My Wall. Pada kesempatan ini, peserta didik diberikan tugas membuat poster digital dengan tema Perayaan Hari Raya Nyepi.



Contoh poster digital dari wali kelas

Berikut hasil karya peserta didik :

Ni Putu Ngurah Geg Jasmin Ifidipin

Nyoman Surya Hari Ningsih

Marsya Fatika Putri Lubis

TUGAS MENULIS PUISI
Peserta didik diminta membuat sebuah puisi dengan tema Virus Corona. Tugas ini diberikan agar peserta didik mampu mengekspresikan perasaan mereka terkait keadaan yang mereka hadapi saat ini dalam sebuah karya sastra.


Berikut hasil karya peserta didik :
Putu Diva Berliana Armilia Puteri

Nyoman Surya Hari Ningsih

Marsya Fatika Putri Lubis


TUGAS MENGGAMBAR SIKLUS AIR
Pada buku paket Tema 8 ada materi tentang siklus air, jadi peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materinya baik pada buku paket, LKS dan bahan ajar yang disediakan pada Edmodo. Selanjutnya peserta didik bisa memilih salah satu siklus air untuk digambar dan akan dipresentasikan saat kegiatan sekolah sudah kembali seperti semula.

Berikut hasil karya peserta didik :
Putu Diva Berliana Armilia Puteri

Ni Putu Dian Cahyantari Suwar Mettha Devi

Gusti Made Viko Adrianta


TUGAS VIDEO
Sejak awal tahun ajaran baru peserta didik kelas VA sudah diajarkan dan dilatih tentang materi dasar Videografi. Siswa juga sudah terbiasa membuat tugas video baik secara individu ataupun berkelompok. Hasil video karya siswa bisa dilihat DISINI dan DISINI serta DISINI

Untuk tugas terakhir di minggu ke-2, peserta didik ditugaskan untuk membuat video di rumah sesuai dengan pilihannya yang ditentukan pada Polling yang dibuat di Edmodo. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk menentukan tugas yang akan mereka kerjakan.

Berikut video karya peserta didik :

Video karya Ni Putu Ngurah Geg Jasmin



Video karya Raihan Hateem El Shirazy 


3. DOKUMENTASI
Selain untuk kepentingan Pembelajaran dan Penilaian, Edmodo juga digunakan untuk menampung dokumentasi kegiatan belajar peserta didik di rumah, baik Jurnal Kegiatan maupun Dokumentasi Kegiatan mereka.

Berikut beberapa contoh Jurnal Kegiatan yang dikumpulkan peserta didik :

Edmodo yang digunakan sebagai tempat pengumpulan dokumentasi kegiatan yang disesuaikan dengan Jurnal Kegiatan.

Berikut beberapa contoh dokumentasi kegiatan yang dikumpulkan peserta didik :
 



4. MONITORING

Penulis melakukan monitoring secara online dengan menggunakan aplikasi teleconference yaitu Webex. Teleconference yang dilakukan sedikit berbeda, bukan untuk memberikan materi secara online, tapi lebih ke sosialisasi program dan monitoring keadaan peserta didik beserta keluarganya, memastikan bahwa setiap anggota keluarganya baik-baik saja. Monitoring direncanakan dilakukan sekali dalam seminggu.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada teleconference pada Kamis, 19 Maret 2020, Pk.19.30 WITA, sebagai berikut:
  1. Penegasan kebijakan pemerintah. 
  2. Sistem pembelajaran di Kelas VA.  
  3. Program Guru di Kelas VA.  
  4. Mendengarkan keluh kesah peserta didik setelah menjalani kegiatan belajar dirumah selama 4 hari, dan kesulitan belajar yang dihadapi. 
Rekaman jalannya teleconference bisa disaksikan pada video berikut :




5. LAPORAN JURNAL KEGIATAN


 
Demikian postingan ini dibuat, sekiranya bisa menginspirasi rekan-rekan guru yang lain, dan bagi yang memiliki kritik, saran dan masukan yang bersifat membangun dipersilakan untuk corat coret pada kolom komentar.

Salam Sharing and Growing Together.

Terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

9 komentar:


EmoticonEmoticon