AKSES RUANG GURU GRATIS BY TELKOMSEL

Maret 16, 2020
Hi teman-teman guru, orang tua dan pelajar seluruh Indonesia..

Seperti yang kita ketahui bersama, sejumlah pemerintah daerah di Indonesia telah mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah (baca : siswa belajar di rumah) selama 14 hari terhitung dari tanggal 16 s/d 30 Maret 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19). Besar kemungkinan rentang waktu meliburkan sekolah diperpanjang, tergantung situasi kondisi yang terjadi dilapangan.
Sebagai ganti kegiatan pembelajaran di sekolah, pemerintah mengharapkan pihak sekolah tetap mengkondisikan kegiatan pembelajaran secara online. Meskipun hal ini tentunya tidak bisa berlaku sama di semua daerah, mengingat tidak semua sekolah yang pernah menerapkan e-learning sebelumnya, kekuatan jaringan internet yang belum merata di semua daerah, dan kesediaan perangkat yang belum tentu dimiliki oleh seluruh siswa maupun orangtuanya di rumah.

Tapi terlepas dari berbagai kendala tersebut, Aplikasi Belajar RUANG GURU mengratiskan layanannya demi mengakomodir kebijakan pemerintah dan demi terjaminnya kegiatan pembelajaran tetap berjalan dirumah. Guru, siswa dan orangtua bisa mengakses dan mendownload materi yang ada pada Aplikasi Belajar RUANG GURU secara gratis melalui provider TELKOMSEL yang menyediakan paket internet sebesar 30GB yang bisa dibeli dengan harga nol rupiah.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan kuota 30GB secara gratis di gadget kalian :

1. Buka aplikasi My Telkomsel (download di App Store pada IOS ataupun Google Play pada Android) lalu pilih Internet, kita akan dihadapkan pada 2 pilihan menu yaitu Penawaran Spesial dan Syarat & Ketentuan.




2. Sebelum mengaktifkan paket, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu membaca Syarat & ketentuan, jangan sampai nanti salah menggunakan diluar aturan, lalu kuota ataupun pulsa anda terpotong.


3. Jika sudah paham, lanjut kita pilih menu Penawaran Spesial. Baca terlebih dahulu menu Deskripsi Paket!



4. Kita bisa buka lagi menu Syarat dan Ketentuan (yang bertanda kotak berwarna merah) untuk memastikan syarat dan ketentuannya, jika sudah mengerti dan setuju, pilih BELI.


5. Berikut tampilannya proses pembelian kita. Kita bisa membeli meski saldo pulsa kita pada aplikasi My Telkomsel hanya nol rupiah.



6. Jika pembelian berhasil, maka kita akan mendapatkan notifikasi dari 3636 melalui SMS.
Jika sudah, yuk lanjut download Aplikasi belajar Ruangguru dan manfaatkan fasilitas yang disediakan.

PEMANFATAAN APLIKASI BELAJAR RUANG GURU
Bagi Peserta Didik
Program Sekolah Online Ruang Guru Gratis berjalan setiap hari (Senin-Jumat), dimulai dari Senin, 16 Maret 2020 pukul 08.00-12.00 WIB mencakup semua mata pelajaran untuk semua jenjang sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD s/d 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh Master Teachers Ruangguru. Selain fasilitas live teaching, para siswa juga dapat terus melatih pemahamannya lewat fitur Bank Soal dan Online Tryout yang juga disediakan GRATIS.

Cara akses Sekolah Online Ruang Guru Gratis
  1. Buka aplikasi Ruangguru dan klik ikon Sekolah Online Ruangguru.
  2. Siswa dapat memilih sesi yang sedang berlangsung sesuai dengan jenjang kelas (SD, SMP, SMA IPA/IPS) 
  3. Klik lonceng untuk mengaktifkan notifikasi pada sesi selanjutnya yang ingin siswa tonton.
Bagi Guru
Bagi guru juga dapat menggunakan waktunya untuk meningkatkan kapasitasnya lewat program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan secara GRATIS selama 1 bulan ke depan. Modul ini mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti: kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Bagi guru di rumah juga bisa mengikuti Pelatihan Guru Gratis secara online, caranya:
  1. Buka Aplikasi Ruangguru dan pilih kelas Pelatihan Guru.
  2. Pilih materi dan subtopik. 
  3. Lalu tonton video belajar beranimasi yang diselingi dengan latihan soal.

Selamat mencoba :-)

Ingat manfaatkan teknologi dengan bijak, jangan gunakan kesempatan libur untuk bermain game, medsos, dan kegiatan yang kurang memberikan edukasi lain seharian ya, luangkan juga waktunya untuk belajar.

Manfaatkan kebijakan pemerintah, dukungan Aplikasi Belajar Ruang Guru dan Telkomsel untuk kegiatan pembelajaran di rumah.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
ejumlah pemerintah daerah telah meniadakan kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah di wilayahnya, akibat pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, pelajar diminta melakukan kegiatan belajar di rumah. Merespons kebijakan tersebut, aplikasi belajar Ruangguru menggratiskan materi belajar di aplikasi mereka. Selain itu, materi pelajaran dapat diunduh oleh pengguna Telkomsel tanpa memotong kuota internet. Telkomsel menyediakan kuota hingga 30 gigabyte secara cuma-cuma khusus untuk materi pelajaran di Ruangguru. Penawaran ini berlaku untuk semua pelajar, orang tua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel di ponselnya. Untuk menggunakan penawaran ini, pengguna Telkomsel (prabayar dan pascabayar) dapat mengaktifkan paket data Rp 0 melalui aplikasi My Telkomsel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ruangguru Gratiskan Materi, Telkomsel Bagikan Kuota 30 GB", https://tekno.kompas.com/read/2020/03/16/13302237/ruangguru-gratiskan-materi-telkomsel-bagikan-kuota-30-gb.
Penulis : Reska K. Nistanto
Editor : Reza Wahyudi

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon